Aplikasi SMS di Android kini sudah banyak berubah menyerupai Whatsapp.

Aplikasi SMS di Android kini sudah banyak berubah menyerupai Whatsapp.

Posted on

Apakah Anda masih tetap menggunakan layanan/aplikasi SMS untuk berkomunikasi melalui pesan teks? Atau hanya digunakan untuk notifikasi dari provider saja? Hmm… Perlu kalian ketahui bahwa aplikasi SMS Android memiliki banyak sekali fitur baru.

Perlu diketahui bahwa aplikasi SMS di perangkat Android saat ini sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu Rich Communication Services (RCS). Apa itu? RCS adalah sistem pesan generasi baru dimana koneksi menggunakan data, sehingga Anda dapat mengirim SMS tanpa pulsa karena menggunakan kartu Anda atau kuota internet Wi-Fi.

Ada yang menarik dari teknologi terbaru ini yang bisa mengirim pesan teks panjang. Jika SMS biasanya dibatasi hingga 160 karakter, teknologi RCS ini kini dapat mengirim pesan hingga 8.000 karakter.

Lantas, mengapa disebut Whatsapp? Karena Anda dapat mengirim foto, video, kontak, lokasi, stiker, GIF, dan file besar. Sama seperti iMessage di iOS, Anda dapat menanggapi setiap pesan dengan emotikon. Fitur menarik lainnya saat menggunakan aplikasi SMS ini adalah:

  • Dapatkan pemberitahuan saat pesan dikirim atau dibaca.
  • Anda dapat membuat grup yang terdiri dari 100 orang.
  • Google telah mengintegrasikannya dengan asisten digital. Jadi Anda tidak perlu membuka kembali browser Anda untuk melakukan pencarian. Cukup minta bantuan Asisten Google Anda dan itu akan dikirimkan langsung kepada Anda dalam sebuah pesan.

Untuk alasan keamanan, Google melakukan enkripsi ujung ke ujung untuk layanan perpesanan ini. Tertarik menggunakan layanan aplikasi SMS ini? Berikut cara menggunakannya:

  1. Pilih aplikasi perpesanan default Android (biru). Jika Anda belum menginstalnya, unduh terlebih dahulu dari: toko mainan.
  2. Anda akan segera melihat pemberitahuan yang memberitahu Anda untuk mengubah layanan perpesanan Anda menjadi lebih baik. Klik Setuju.
  3. Di sini Anda dapat mengirim pesan seperti WhatsApp.

Lalu bagaimana dengan smartphone Android yang masih menggunakan aplikasi SMS bawaan pabrik? Metodenya sangat sederhana. Anda dapat mengubah pengaturan default dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama adalah pergi ke Pengaturan/Pengaturan.
  • Lalu ketuk Aplikasi & Pemberitahuan.
  • Kemudian pilih Aplikasi Default -> SMS -> Ubah ke Opsi Pesan.