Berhati-hatilah karena aplikasi edit foto dan video di ponsel Android dapat mencuri data Anda!

Berhati-hatilah karena aplikasi edit foto dan video di ponsel Android dapat mencuri data Anda!

Posted on

Mengedit foto dan video sebelum diunggah ke media sosial Instagram atau Facebook sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, terutama anak muda yang ingin membuat fotonya terlihat lebih berbeda. Tapi tahukah Anda bahwa ada aplikasi edit foto dan video di Android yang berbahaya karena dapat mencuri data Anda?

Itu sebabnya masih ada orang yang tidak menikmati popularitas mengedit foto dan video di ponsel mereka. Terbukti bahwa Google telah menghapus sejumlah aplikasi dari Google Platstore karena dianggap sebagai malware berbahaya yang dapat mencuri data pengguna.

3 Aplikasi Pengeditan Foto yang Mengandung Malware

Dari sekian banyak aplikasi yang kami hapus, tiga aplikasi pengeditan foto dan video dihapus karena tergolong aplikasi berbahaya yang berisi program jahat. Aplikasi ini dapat mencuri informasi pribadi pengguna secara diam-diam dan telah dilaporkan di halaman BGR India. Kamis (21/10/2021) Berikut daftar aplikasi edit foto dan video berbahaya.

  1. Pengeditan Gerak Foto Pix 2021
  2. Lab Foto Ajaib – Editor Foto
  3. Editor Foto Blender – Editor Latar Belakang Foto Mudah

Anda tidak dapat lagi menemukan ketiga aplikasi ini di Play Store karena tampaknya Google telah menghapus aplikasi tersebut sekarang. Namun, jika Anda yakin pernah menginstal salah satu aplikasi edit foto ini, sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut dari ponsel Android Anda.

BGR India juga menjelaskan bahwa Kaspersky mendeteksi ketiga aplikasi tersebut mencuri informasi/data pengguna dengan mewajibkan mereka untuk login menggunakan Facebook untuk mengakses aplikasi tersebut. Kemudian akses rekening bank Anda.

Banyaknya aplikasi baru yang menawarkan opsi “Masuk dengan Facebook” jelas merupakan trik untuk mengelabui korban. Sebagian besar pengguna pasti memilih opsi ini karena tidak ingin repot membuat akun baru dengan mengisi beberapa formulir.

Google menghapus aplikasi dengan malware GriftHorse yang terdeteksi

Malware Trojan GriftHorse 2021
Malware Trojan Horse GriftHorse (Gambar: droid.news)

Baru-baru ini, Google menghapus 150 aplikasi berbahaya dari Playstore. Ini karena malware Trojan horse GriftHorse terdeteksi di aplikasi itu.

Cara kerja Trojan GriftHorse adalah ketika Anda mengklik pemberitahuan dan Anda menerima hadiah yang muncul, itu membawa Anda ke browser dan memasukkan nomor telepon Anda untuk memasuki situs yang meminta konfirmasi. Itu sebenarnya penipuan untuk mendaftarkan nomor Anda di layanan berlangganan SMS premium seharga 30 euro atau sekitar Rp 494.000.