Cara mentransfer referensi lagu dari Google Play Music ke Youtube Music

Cara mentransfer referensi lagu dari Google Play Music ke Youtube Music

Posted on

Google Play Music berencana untuk pensiun pada akhir tahun 2020, menjadikan YouTube Music sebagai satu-satunya layanan streaming musik Google. Namun sebelum itu, Anda dapat mentransfer perpustakaan musik, rekomendasi, lagu yang dibeli, dan upload pribadi ke YouTube Music hanya dengan beberapa klik. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan konten saat akhirnya berhenti memutar Google Play Musik.

Transfer dapat dilakukan menggunakan perangkat Android, iPhone, atau web. Metode apa pun yang Anda pilih, semua elemen ditransfer di latar belakang dan Anda dapat mendengarkan YouTube Music dan menggunakan aplikasi seperti biasa.

Cara mentransfer dari smartphone Android dan iPhone

Baik Anda menggunakan Android atau iOS, prosesnya sama di perangkat seluler Anda.

  • Pastikan Anda telah menginstal YouTube Music terbaru dari Google Play atau App Store.
  • Buka Musik YouTube. Anda mungkin melihat pop-up yang mengiklankan YouTube Music Premium. Abaikan saja untuk saat ini.
  • Di layar utama, Anda akan melihat spanduk bertuliskan “Transfer Play Music Library”. Jika Anda pergi ke pengaturan aplikasi, Anda juga akan melihat opsi baru yang disebut “Transfer dari Google Play Musik” yang merupakan cara kedua untuk memulai proses. Jika Anda tidak dapat menemukan salah satu metode ini, harap periksa kembali karena Google mungkin belum merilis fitur Migrasi ke Akun.
  • Klik “Ayo pergi”. YouTube Music kemudian akan menampilkan semua yang Anda migrasikan dari Google Play Musik, termasuk lagu, album, daftar putar, pembelian, unduhan, profil/rekomendasi, suka dan tidak suka.
  • Klik “Mulai Transfer” di bagian bawah untuk memulai proses.
  • Saat proses dimulai, bilah status akan menampilkan ‘Transfer Perpustakaan Musik ke Google Play’ di bagian atas YouTube Music. Bergantung pada ukuran perpustakaan dan jumlah perpustakaan lain yang sedang dalam proses transfer, migrasi dapat memakan waktu beberapa menit atau hari. Karena Google menyalin file ini secara langsung, unggahan dan pembelian membutuhkan waktu lebih lama, sehingga hal-hal seperti daftar putar dan preferensi ditransfer hampir seketika.
  • Ketika transfer selesai, aplikasi akan memberi tahu Anda dan mengirimi Anda email yang mengonfirmasi bahwa semuanya sudah siap.
  • Setelah semuanya selesai, lihat dan pastikan semuanya menyelesaikan perjalanan Anda dengan sukses. Layar utama sekarang menampilkan baris ‘Lanjutkan Mendengarkan di Google Play Musik’ untuk membuat transisi lebih lancar saat Anda terbiasa dengan aplikasi YouTube Music.

Cara mentransfer daftar musik dari browser web

Anda juga dapat mentransmisi dari YouTube Music ke web dari ponsel atau browser desktop. Video di bawah ini mencakup proses ini tidak terlalu jauh dari proses seluler.

Jika Anda terus menggunakan Google Play Musik, Anda mungkin masih menggunakan Google Play Musik untuk saat ini, jadi Anda perlu bermigrasi ulang dan Anda masih dapat mengakses layanan tersebut setelah memigrasikan koleksi Anda ke YouTube Music. Namun, jika Anda membuat perubahan pada daftar putar atau bagian lain dari perpustakaan Google Play Musik, Anda harus memigrasikannya kembali agar dapat muncul di YouTube Music. Kedua layanan tidak menyinkronkan konten.

Untungnya, selama transfer berikutnya, Google hanya mentransfer apa yang telah berubah atau baru dan tidak mencoba untuk menyalin ulang seluruh perpustakaan. Teksnya juga terbaca sedikit berbeda dan seharusnya berbunyi seperti “Pindahkan add-on Google Play Musik terbaru”.