Ini adalah daftar aplikasi Android yang mengandung adware berbahaya.  Jangan uninstall atau mencoba untuk menginstal segera.

Ini adalah daftar aplikasi Android yang mengandung adware berbahaya. Jangan uninstall atau mencoba untuk menginstal segera.

Posted on

Pengguna smartphone Android diharapkan lebih berhati-hati saat memasang aplikasi baru karena ada laporan dari perusahaan keamanan siber yang memperingatkan penyebaran aplikasi yang mengandung adware berbahaya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Cybersecurity telah mendeteksi beberapa aplikasi yang mungkin berisi perangkat lunak periklanan atau Adware Wave. Sebenarnya, ini bukan hal baru. Karena fenomena adware berbahaya ini sudah ada sejak lama dan meresap di berbagai software mobile di seluruh dunia.

Baca Juga: Daftar Antivirus Android Terbaik 2020

Sebagai salah satu antivirus Android terbaik, Avast memiliki daftar aplikasi yang harus dihindari, dan jangan diinstal jika tidak penting bagi Anda. Tim peneliti Avast telah mempelajari ratusan ulasan pengguna tentang aplikasi yang mengklaim mengandung adware berbahaya, dan berikut adalah daftar aplikasi tersebut (dikutip dari halaman Phone Arena).

Daftar aplikasi berbahaya karena ada ADWARE

  1. tema pemotretan
  2. menghancurkan mobil
  3. gulir bergulir
  4. Serangan Helikopter – Baru
  5. Assassin Legends – Baru untuk tahun 2020
  6. penembakan helikopter
  7. tiket rugbi
  8. skateboard terbang
  9. Setrika itu
  10. lari menembak
  11. monster tanaman
  12. temukan tersembunyi
  13. Temukan 5 Perbedaan – Baru di 2020
  14. rotasi bentuk
  15. lompat lompat
  16. Temukan Perbedaannya – Game Puzzle
  17. pria bergoyang
  18. melawan gurun
  19. penghancur uang
  20. Perjalanan Krimea – Baru
  21. struktur penyangga

Dari daftar di atas, dapat dikatakan bahwa kategori yang paling banyak menyumbang aplikasi yang mengandung adware berbahaya adalah ‘games’. Kemudian, para peneliti keamanan siber menerima banyak ulasan dengan mengutip berbagai promosi iklan saat menggunakan aplikasi di atas.

Banyak pengguna smartphone Android yang tertipu dengan iklan aplikasi ini dan setelah aplikasi ini diinstal mereka mulai menyerang pengguna smartphone dengan iklan serta iklan yang ditampilkan di luar aplikasi. Hal-hal seperti ini berpotensi menginfeksi smartphone Anda dengan virus dan tentu saja mengganggu Anda.

Banyaknya penginstal aplikasi tidak berarti mereka aman dari adware dan virus. Karena angka ini bisa dimanipulasi. Bahkan aplikasi populer dengan jutaan unduhan masih berpotensi berbahaya untuk smartphone.

Jadi pilihlah dengan bijak aplikasi mana yang akan diinstal agar smartphone Anda terhindar dari serangan adware, ransomware, spyware, Trojan, dan virus. Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebelum menginstal aplikasi adalah membaca ulasan.