Paket berlangganan premium Spotify baru ini 10x lebih murah!

Paket berlangganan premium Spotify baru ini 10x lebih murah!

Posted on

Spotify kini diketahui tengah menguji paket berlangganan baru yang diklaim 10x lebih murah dari paket sebelumnya. Paket baru ini berencana untuk menggabungkan layanan gratis dan premium Spotify.

Sebagai referensi, harga paket berlangganan premium Spotify saat ini berkisar Rp 144.000, sedangkan paket terbaru yang diuji coba dibanderol sekitar Rp 0,99 atau Rp 14.000. Ini sangat terjangkau dibandingkan dengan paket premium sebelumnya.

Sebelumnya diberitakan di The Verge (8 Juni 2021), paket berlangganan terbaru ini diberi nama Spotify Plus. Lantas, apa saja fitur lain dari paket premium Spotify dengan Spotify Plus ini? Perbedaan yang paling mencolok adalah bahwa dalam paket terjangkau ini, Spotify terus menambahkan iklan di antara lagu-lagu yang diputar pelanggannya.

Namun demikian, fitur unggulan dari paket Spotify plus tidak terlalu menarik, antara lain:

  1. Anda dapat melewati trek lagu yang ingin Anda dengarkan (akun gratis memiliki batasan jumlah lagu yang dilewati dalam daftar putar Anda).
  2. Jangan ragu untuk memilih lagu yang ingin Anda dengarkan atau masukkan ke dalam daftar putar Anda.

Fitur ini tentu sangat berbeda dengan akun Spotify gratis. Ini karena akun gratis terbatas untuk mengirimkan 6 trek lagu per jam, dan Anda tidak bebas untuk menambahkan lagu ke daftar putar Anda.

Saya telah menguji paket berlangganan Spotify murah ini, tetapi Spotify mengatakan tidak ada jaminan bahwa itu akan dirilis secara publik. Hal ini nampaknya melihat antusiasme pengguna Spotify, dan sering dilakukan oleh tim Spotify untuk menguji fitur-fiturnya.

Catatan: Harga di atas bukan untuk Indonesia. Pasalnya, paket berlangganan Spotify premium di Indonesia mulai dari Rp 49.900 per bulan.