Pengguna iPhone dan iPad akhirnya dapat menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP) Youtube

Pengguna iPhone dan iPad akhirnya dapat menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP) Youtube

Posted on

Google telah mengumumkan bahwa mereka mulai memperbarui aplikasi YouTube untuk iPhone dan iPad. Ini akan menambahkan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan.

Fitur Picture-in-Picture (PiP) sebenarnya sangat berguna dimana kamu bisa menonton video YouTube sambil membuka aplikasi lain. Misalnya nonton video vlog di youtube itu asik, dan ketika ada notifikasi pesan masuk di Whatsapp, kamu bisa langsung membuka Whatsapp tanpa mengganggu video youtube yang sedang kamu tonton.

Fitur ini sebenarnya sudah tersedia untuk iPad dengan iOS 9 dan iPhone dengan iOS 14, tetapi banyak orang mengalami masalah seperti terkadang muncul atau terkadang fungsi PiP tidak berfungsi. Seperti halnya perangkat iPad, fitur PiP ini hanya muncul saat Anda membuka YouTube menggunakan browser Safari saja.

Google Update Fitur PiP di iPad dan iPhone (Foto: idropnews.com)

Namun, kini Google telah mengumumkan telah meluncurkan pembaruan pada aplikasi Youtube untuk pengguna iOS dan iPadOS, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP) di Youtube berbayar atau gratis. Semua pengguna sudah dapat memanfaatkan fitur PiP di perangkat Android mereka melalui aplikasi yang sama dengan yang dinikmati pengguna Youtube.

Google juga sedang mengerjakan proyek baru untuk memudahkan pengguna mempelajari bahasa asing. Proyek ini dikenal secara internal sebagai Tivoli. Sumber Informasi mengklaim fitur tersebut dapat dirilis tahun ini.

Proyek Tivoli diketahui telah bekerja menggunakan model obrolan saraf Meena selama dua tahun, kemudian diubah menjadi LaMDA (Model Bahasa untuk Aplikasi Diskusi). Google mengklaim ini adalah teknologi AI percakapan yang memungkinkan manusia berkomunikasi secara alami dengan komputer.

Pada awalnya, Tivoli hanya digunakan melalui teks, tetapi tim pengembang Google melakukan hal lain untuk menghadirkan fitur Google Assistant dan YouTube. Salah satu contoh kasus penggunaan Tivoli di YouTube adalah membuat kuis bahasa yang direkam sendiri oleh pemirsa setelah menonton. video.